LightBlog

Blogroll

Adbox

JENIS-JENIS KOPI DI INDONESIA

Assalamu'alaikum Wr.Wb


SUMBER ALAM INDUSTRI




Indonesia adalah negara yang diberkahi dengan tata letak geografis dan struktur tanah baik tempat bertumbuhnya kopi. Beberapa wilayah di Indonesia tersebar perkebunan kopi yang masing-masing hasil kopinya memiliki karakteristik unik dan berbeda-beda.
Kopi Indonesia memiliki rasa dan aroma yang khas, serta citarasa terbaik yang bahkan salah satu Kopi dari Indonesia, yakni kopi Luwak menjadi Kopi dengan harga termahal di dunia. Namun jenis Kopi tidak hanya berasal dari satu jenis Kopi yang sama, melainkan ada beberapa jenis kopi yang juga memiliki citarasa terbaik dan berbeda.



KOPI JAWA





Kopi yang berasal dari Pulau Jawa ini memiliki keunikan cita rasa sendiri. Aroma rempah yang lahir secara alami menjadikan kopi jenis ini dinikmati karena memiliki karakteristik yang berbeda. Meskipun kopi Jawa tidak sekuat kopi Sumatera dan Sulawesi dari segi cita rasa dan aroma, tetapi dia tetap memiliki penikmat sendiri karena aroma tipis rempah yang dihasikan. Menjadikan pengalaman minum kopi terasa lebih unik dan berbeda. Sebagian besar kopi Jawa melalui proses giling basah. Itu jugalah yang membuat cita rasanya tidak terlalu kuat. Meski begitu kopi Jawa tetap diminati karena menurut beberapa ahli, tidak semua kopi nusantara mampu menghasikan kopi yang beraroma rempah.


KOPI BALI KINTAMANI






Kopi asal Bali, khususnya dari Kintamani ini memiliki citarasa yang sangat unik dan berbeda dengan kopi nusantara dari daerah lain di Indonesia. Banyak orang mengatakan bahwa kopi kintamani ini memiliki citarasa buah buahan yang segar dan asam. Hal ini dapat terjadi karena ternyata tanaman kopi dari Kintamani ini ditanam bersamaan dengan tanaman lain seperti aneka sayuran serta buah jeruk. Lebih jauh lagi, kopi ini menggunakan sistem yang dinamakan tumpang sari bersamaan dengan tanaman dengan jenis lain. Biji kopinya dapat meresap rasa berbagai buah buahan seperti misalnya jeruk. Selain memilik citarasa buah buahan yang unik, kopi nusantara ini juga tidak berat dan memiliki citarasa yang lembut. Keunikanya tersebut di dapat dari letak geografisnya yang unik juga. Bagi kamu yang menyukai cita rasa kopi berbeda, kopi Bali Kintamani bisa menjadi pilihan yang tepat.



KOPI SULAWESI






Kopi dari Sulawesi yang terkenal adalah Kopi Toraja dari Tana Toraja. Tana Toraja adalah daerah yang berkahi tanah tempat kopi tumbuh subur dengan kualitas yang tak kalah baik dari kopi dari daerah lain. Rasa kopi ini kuat dan memiliki kadar asam yang cukup tinggi sehingga sangat dinikmati dipasaran. Kopi Toraja memiliki biji kopi yangn lebih kecil, lebih mengkilap dan juga licin. Meskipun mempunyai rasa yang asam, Kopi ini memiliki aroma earthy yang sangat khas. Dan menurut ahli kopi, aroma itulah yang menjadikan Kopi Toraja sangat unik dan berbeda dengan yang lain.





KOPI SUMATERA





Kopi Sumatera adalah salah satu Kopi yang terkenal di dunia dan paling banyak di jadikan usaha jual beli. Kopi Sumatera memiliki citarasa yang berat. Bisa dikatakan paling berat dan komplek diantara jenis-jenis kopi yang ada di dunia. Para ahli kopi mengatakan bahawa Kopi Sumatera memiliki citarasa yang unik dengan karakteristik, aroma dan juga earthy. Kopi sumatera memiliki tekstur halus dan berbau tajam. Inilah yang menjadikan Kopi Sumatera menjadi kopi yang paling laris. Kopi Sumatera yang paling terkenal sendiri adalah kopi yang berasal dari sumatera utara yang bernama kopi Sidikalang, Madheling dan Lintong. Kopi Sumatera diproses dengan dua cara yaitu proses semi-washed dan dry-proccesed. Ditanam diketinggian dan kontur tanah ideal menjadikan Kopi Sumatera berkualitas baik di mata internasional.


KOPI ACEH GAYO





Kopi Aceh Gayo yang bearasal dari tanah Gayo Aceh tengah ini menjadi salah satu jenis kopi yang paling banyak digemari masyarakat bahkan di ekspor ke luar negeri.  Kopi Gayo memiliki ciri unik dengan kekhasan aroma yang berbeda dengan kopi-kopi lain di Indonesia. Kopi Gayo menghasilkan sebagian besar jenis kopi Arabika terbaik. Cita rasa kopi Gayo sendiri terasa lebih pahit dengan tingkat keasaman rendah. Aromanya yang sangat tajam menjadikan jenis kopi ini disukai. Tak heran kopi ini menjadi penghasil kopi terbesar di Asia. Meskipun rasanya pahit, kopi Gayo memberi aroma gurih pada setiap tegukan.






katalog produk sumber alam






Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar